Kecamayan Pakisjaya terdiri dari desa: Tanjungmekar, Telagajaya, Telukbuyung, Tanahbaru, Solokan, Tanjungbungin, Telukjaya, Tanjungpakis

Sabtu, 29 Januari 2011

Program Kerja Tahun 2011

Rencana Kinerja

  1. Rencana Kegiatan
    Perencanaan Kinerja Tahunan Kecamatan Katapang Tahun 2008 Kecamatan Katapang yaitu :
    1. Program Pelayanan Administrasi Perkantoran
      1. Penyediaan Jasa Administrasi Keuangan.
      2. Penyediaan Alat tulis Kantor
      3. Penyediaan Jasa Peralatan dan Perlengkapan kantor
      4. Penyediaan Barang Cetakan dan Penggandaan
      5. Penyediaan Makanan dan Minuman.
      6. Penyediaan Alat Rumah Tangga.
      7. Penyediaan Tenaga Pendukung Teknis dan Administrasi.
      8. Penyediaan Bahan bacaan dan Peraturan Perundang - undangan.
      9. Rapat - rapat Koordinasi dan Konsultasi dalam Daerah.
    2. Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur.
      1. Pengadaan Perlengkapan Rumah Dinas .Jabatan.
      2. Pemeliharan rutin / berkala Kendaraan Dinas / Operasional.
    3. Program Peningkatan Disiplin Aparatur.
      1. Pengadaan Pakaian Korpri
      2. Pengadaan Pakaian khusus hari - hari tertentu
    4. Program Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur.
      1. Sosialisasi Peraturan Peraturan Perundang - undangan.
      2. Bintek Implementasi Peraturan Perundang - undangan.
    5. Program Peningkatan Sistem Pengawasan Internal dan Pengendalian Pelaksanaan Kebijakan KDH.
      1. Peningkatan Kesehatan Masyarakat.
      2. Rehabilitasi / pemeliharaan alat - alat berat.
      3. Pengembangan partisipasi masyarakat dalam perumusan dan kebijakan layanan public.
      4. Peningkatan peran serta dan kesetaraan jender dalam pembangunan.
      5. Peningkatan kapasitas aparat dalam rangka pelaksanaan Siskamswakarsa di Daerah.
      6. Pembinaan kelompok Masyarakat Pembangunan Desa.
      7. Intensifikasi dan Eksitensifikasi Sumber Pendapatan Daerah.
      8. Pemberdayaan Lembaga dan Organisasi Masyarakat Pedesaan.
      9. Pelatihan Keterampilan Manajemen Badan Usaha Milik Desa.
      10. Pembinaan Kelompok masyarakat membangun Desa.
      11. Peningkatan Kesadaran Masyarakat akan nilai - nilai Budaya Bangsa.
      12. Pelatihan Aparatur pemerintah Desa dalam bidang Manajemen Pemerintah Desa.
  2. Indikator Kinerja.
    Indikator Kinerja adalah ukuran kuantitatif yang menggambarkan tingkat capaian suatu kegiatan yang telah ditetapkan indicator kinerja dari 5 (lima) program kegiatan sebagaimana tabel berikut :
Tabel 1
Pelayanan Administrasi Perkantoran
Indikator
Tolok Ukur Kinerja
Target Kinerja
Masukan SDM, Biaya Sarana/Prasarana, Lokasi, Waktu.
Tersedianya tenaga Pelaksana, Rp. 99.664.800, 1 Unit Komputer, 7 Desa, 12 bln (100%)
Keluaran Tersedianya Administrasi Perkantoran.
Tercapainya peningkatan pelayanan administrasi perkantoran
Hasil Tercapainya Penyediaan Jasa Administrasi Perkantoran. Terlaksananya Program Kerja dengan baik (90%)
Manfaat Tercapainya Tertib Administrasi
Meningkatnya operasional dengan maksimal (80%)
Dampak Terciptanya suatu kinerja yang baik dan pelayanan secara prima terhadap masyarakat
Meningkatnya tertib administrasi perkantoran (90%)
Tabel 2
Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur
Indikator
Tolok Ukur Kinerja
Target Kinerja
Masukan SDM, Biaya Sarana/Prasarana, Lokasi, Waktu.
Tersedianya tenaga pelaksana, Rp. 50.360.000, 1 Unit Komputer, 7 Desa, 12 bln 100%
Keluaran Tersediannya Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur. Tercapainya Kenyamanan Penyelenggaraan Pemerintahan
Hasil Terpenuhi Pemeliharaan rutin/berkala Prasarana Aparatur. Terselenggaranya Pemerintahan di Kecamatan dengan baik dan nyaman.
Manfaat Tersedianya sarana yang berkualitas. Pelayanan terhadap masyarakat lancer.
Dampak Lancarnya Pemerintahan Kemasyarakatan dan Pembangunan. Terciptanya pemeliharaan sarana Aparatur yang memadai.
Tabel 3
Peningkatan Disiplin Aparatur
Indikator
Tolok Ukur Kinerja
Target Kinerja
Masukan
SDM, Biaya Sarana/Prasarana, Lokasi, Waktu.
Tersedianya 20 orang petugas pelaksana Rp. 6.150.000, Kecamatan 12 Bulan
Keluaran
Tersedianya Pengadaan Pakaian khusus hari - hari tertentu.
Tercapainya Disiplin Aparatur
Hasil
Terlaksananya Pengadaan Pakaian khusus hari - hari tertentu.
Tumbuh Kesadaran dan peningkatan Disiplin Aparatur.
Manfaat
Timbul rasa disilpin dan tertib dalam melaksanakan tugas.
Terciptanya Disiplin Aparatur.
Dampak
Terwujudnya rasa disilpin dan tertib dalam melaksanakan tugas.
Tercapainya peningkatan Disiplin Aparatur.
Tabel 4
Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur
Indikator
Tolok Ukur Kinerja
Target Kinerja
Masukan
SDM, Biaya Sarana/Prasarana, Lokasi, Waktu.
Terdapatnya 7 orang Penyusun Rencana Kegiatan Rp. 19.284.000, seperangkat
Keluaran
Tersedianya Sosialisasi dan Bintek
Pelaksanaan Sosialisasi dan Bintek di Kecamatan dan Desa - Desa.
Hasil
Terlaksananya Sosialisasi dan Bintek Peraturan Perundang - undangan
Perundang - undangan dapat dipahami.
Manfaat
Meningkatnya Pelayanan Publik
Terpenuhinya Pelayanan Masyarakat secara prima ( 90 % ).
Dampak
Tercapainya pemahaman masyarakat tentang Peraturan Perundang - undangan yang berlaku.
Kegiatan Roda Pemerintahan Kecamatan dapat berjalan dengan optimal ( 90 % ).
Tabel 5
Peningkatan Sistem Pengawasan Internal dan Pengendalian Pelaksanaan Kebijakan KDH
Indikator
Tolok Ukur Kinerja
Target Kinerja
Masukan
SDM, Biaya Sarana/Prasarana, Lokasi, Waktu.
Tersedianya tenaga pelaksana, Rp. 81.600.000, 1 Set Komputer, Kecamatan dan Desa 12 Bulan (100%)
Keluaran
Melaksanakan sebagian pelimpahan Kewenangan Bupati kepada Camat
Pengendalian Manajemen Kebijakan KDH
Hasil
Tersedianya implementasi kebijakan kewenangan Bupati
Kegiatan Pelayanan Masyarakat berjalan lancar
Manfaat
Memperpendek rentang pelayanan masyarakat
Pelayanan prima tercapai
Dampak
Terwujudnya pelayanan masyarakat yang optimal
Program pemerintah dapat terlaksana dengan lancer.




PROGRAM KERJA KABUPATEN BANGGAI



1.     Bidang Pekerjaan Umum

a. Sub Bidang Prasarana Jalan dan Jembatan
        Rehabilitasi Transportasi Jalan dan Jembatan.
        Peningkatan / Pembangunan Transportasi Jalan dan Jembatan.
        Pengembangan Aksesibilitas Prasarana Jalan dan Jembatan.

b. Sub Bidang Pengairan 
        Pengembangan Jaringan Irigasi dan Reklamasi Rawa.
        Pengendalian Banjir dan Konservasi Sumber – sumber Air.
        8.Bidang Lingkungan Hidup.
        Pengembangan dan peningkatan akses informasi sumber daya alam dan lingkungan hidup.
        Peningkatan efektifitas pengelolaan, konservasi dan rehabilitasi SDA.
        Pencegahan kerusakan dan pencemaran lingkungan hidup.
        Peningkatan peranan masyarakat dalam pengelolaan SDA dan Lingkungan Hidup.
        Penataan kelembagaan dan penegakan hukum dalam pelestarian lingkungan.
        Pengembangan, Pendayagunaan dan Pengelolaan Pengairan

c.  Sub Bidang Lingkungan Hidup.
        Pengembangan dan peningkatan akses informasi sumber daya alam dan lingkungan hidup.
        Peningkatan efektifitas pengelolaan, konservasi dan rehabilitasi SDA.
        Pencegahan kerusakan dan pencemaran lingkungan hidup.
        Peningkatan peranan masyarakat dalam pengelolaan SDA dan Lingkungan Hidup.
        Penataan kelembagaan dan penegakan hukum dalam pelestarian lingkungan.

d. Sub Bidang Perumahan dan Permukiman.
        Program Pengembangan Perumahan.
        Program Pengembangan Prasarana dan Sarana Permukiman.

2.    Bidang Kesehatan

         Lingkungan sehat, perilaku sehat dan pemberdayaan masyarakat.
         Upaya Kesehatan
         Perbaikan Gizi Masyarakat.
         Peningkatan Sumber Daya Kesehatan.
         Pengendalian, Pengawasan Obat, Makanan dan Bahan berbahaya.
         Kebijakan dan manajemen pembangunan kesehatan.
         Pencegahan dan pemberantasan penyakit.

3.    Bidang Pertanian

        Pengembangan agribisnis berbasis tanaman pangan dan peternakan.
        Peningkatan ketahanan pangan.

4.    Bidang Perhubungan

        Pengembangan lalulintas angkutan jalan.
        Pengembangan transportasi sungai, danau dan penyebrangan.
        Dukungan terhadap transportasi laut dan udara.

5.    Bidang Lingkungan Hidup.

        Pengembangan dan peningkatan akses informasi sumber daya alam dan lingkungan hidup.
        Peningkatan efektifitas pengelolaan, konservasi dan rehabilitasi SDA.
        Pencegahan kerusakan dan pencemaran lingkungan hidup.
        Peningkatan peranan masyarakat dalam pengelolaan SDA dan Lingkungan Hidup.
        Penataan kelembagaan dan penegakan hukum dalam pelestarian lingkungan.

6.    Bidang Koperasi, Pengusaha Kecil dan Menengah.

        Pengembangan kewirausahaan dan daya saing pengusaha kecil, menengah dan Koperasi.
        Pengembangan sistim pendukung usaha pengusaha kecil, menengah dan koperasi.

7.    Bidang Ketenagakerjaan.

        Peningkatan kualitas dan produktifitas tenaga kerja.
        Perluasan dan pengembangan kesempatan kerja.
        Perlindungan dan pengembangan lembaga tenaga kerja.

8.    Bidang Kewenangan Lainnya.

a. Kelautan dan Perikanan.
        Pengembangan dan pengelolaan sumber daya kelautan.
        Pengembangan sumber daya perikanan.
b  Pertambangan dan Energi
        Pemanfaatan sumber daya mineral.
        Pembangunan pertambangan.
c   Pengembangan usaha pertambangan rakyat terpadu
d. Kehutanan dan Perkebunan.
        Pembangunan dan pembinaan kehutanan.
        Pengembangan usaha perhutanan rakyat.
        Kawasan penyangga hutan.
        Peningkatan pengawasan pengelolaan kehutanan.
        Pengembangan agribisnis berbasis perkebunan.
        Peningkatan ketahanan pangan berbasis perkebunan.

9.    Bidang Permukiman.

        Pengembangan Wilayah.
        Transmigrasi.
        Pengembangan sarana dan prasarana permukiman.

10.  Pengembangan Otonomi Daerah.

        Optimalisasi pelaksanaan otonomi daerah.
        Pemberdayaan masyarakat

11.  Kependudukan

        Pengembangan dan keserasian kebijakan kependudukan.
        Pemberdayaan keluarga.

12.  Pemuda dan Olah Raga.

        Peningkatan partisipasi pemuda.
        Pengembangan dan keserasian kebijakan kepemudaan.
        Pengembangan dan keserasian kebijakan olah raga.
        Pemasyarakatan olah raga dan kesegaran jasmani.
        Pemanduan bakat, pembibitan dan peningkatan prestasi olah raga.